RSS

Filsafat, Etika, dan Etiket



Filsafat adalah sebuah studi tentang seluruh fenomena kehidupan, dan pemikiran manusia yang dijabarkan dalam konsep-konsep tertentu yang mendasar.( http://id.wikipedia.org/wiki/Filsafat)
Ada beberapa macam filsafat, salah satunya adalah filsafat moral atau biasa disebut dengan etika. (Hari :2009,http://punyahari.blogspot.com/2009/12/filsafat-moral-etika-etika-filsafat.html)  Etika berasal dari bahasa yunani yaitu ethos yang berarti karakter, watak kesusilaan atau adat kebiasaan di mana etika berhubungan erat dengan konsep individu atau kelompok sebagai alat penilai kebenaran atau evaluasi terhadap sesuatu yang telah dilakukan. Etika berasal dari bahasa yunani yaitu ethos yang berarti karakter, watak kesusilaan atau adat kebiasaan di mana etika berhubungan erat dengan konsep individu atau kelompok sebagai alat penilai kebenaran atau evaluasi terhadap sesuatu yang telah dilakukan.
            Dalam arti terakhir inilah terbentuknya istilah etika yang oleh Aristoteles dipakai untuk menunjukkan filsafat moral. Etika berarti: ilmu tentang apa yang biasa dilakukan atau ilmu tentang adat kebiasaan. Ada juga kata moral dari bahasa Latin yang artinya sama dengan etika.  Secara istilah etika memunyai tiga arti: pertama, nilai-nilai dan norma-norma moral yang menjadi pegangan bagi seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah lakunya. Arti ini bisa disebut sistem nilai. Misalnya etika Protestan, etika Islam, etika suku Indoan. Kedua, etika berarti kumpulan asas atau nilai moral (kode etik). Etika berbeda dengan etiket. Yang terakhir ini berasal dari kata Inggris etiquette, yang berarti sopan santun. Perbedaan keduanya cukup tajam, antara lain: etiket menyangkut cara suatu perbuatan harus dilakukan, etika menunjukkan norma tentang perbuatan itu. Etiket hanya berlaku dalam pergaulan, etika berlaku baik baik saat sendiri maupun dalam kaitannya dengan lingkup sosial. etiket bersifat relatif, tergantung pada kebudayaan, etika lebih absolut. Etiket hanya berkaitan dengan segi lahiriyah, etika menyangkut segi batiniah.
            Jadi sebenarnya etika itu sangat penting bagi kita, dimanapun kita berada atau saat kita sedang melakukan kegiatan apapun harus menggunakan etika. Terutama ketika berada diluar rumah. Sebagai seorang mahasiswa tentunya juga harus mempunyai etika baik sedang berada didalam kampus ataupun diluar kampus. Beberapa etika yang harus diperhatikan ketika berada di lingkungan kampus yaitu sebagai berikut:
1. Ketika bertemu atau berpapasan dengan dosen atau teman hendaknya menyapa dengan sopan.
2. Berpakaian yang rapi dan sopan, karena dari cara berpakaian orang dapat menilai kepribadian kita seperti apa.
3. Sebelum masuk kedalam kelas hendaknya mengetok pintu dan mengucap salam.
4.  Memperhatikan dosen ketika dosen sedang menjelaskan.
5. Menghargai pendapat teman apabila teman sedang berbicara.
6. Tidak mencela pembicaraan dosen atau teman jika sedang berbicara.
7. Tidak berbicara, tertawa yang terlampau keras karena suara kita bisa mengganggu orang lain yang ada di sekitar kita.
Kita sebagai mahasiswa tentunya dipandang berbeda oleh kebanyakan orang, mahasiswa adalah orang yang pintar, orang yang intelek, orang yang luar biasa dan masih banyak lagi. Tidak lupa mahasiswa tentunya mempunyai etika yang lebih baik daripada orang lain. Etika mahasiswa tentunya tidak hanya ada di dalam kelas ataupun di dalam kampus. Pastinya juga ada di luar kampus. Salah satu contohnya adalaha bertutur kata yang baik kepada semua orang, sopan berbicara kepada orang yang lebih tua. (Giri Ayoga, 2012, http://giriayoga.com/2012/04/20/etika-mahasiswa-di-dalam-kelas-didalam-kampus-dan-diluar-kampus/)

refrensi :


0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 RR Blog's. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates