RSS

Penulisan Ilmiah


ANALISIS PENGARUH JUMLAH USAHA MIKRO KECIL MENENGAH TERHADAP PENDAPATAN DAERAH KOTA BEKASI

SEMINAR PENULISAN ILMIAH

Diajukan guna melengkapi salah satu syarat untuk mencapai
Gelar setara Sarjana Muda Jurusan Akuntansi Jenjang Strata Satu
Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma

        Nama               : Risandra Rejina
NPM               : 25209527
Jurusan            : Akuntansi
Pembimbing    : Rini Dwiastutiningsih, SE., MMSI







FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
JAKARTA
2012


BAB I
PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang
Didalam era perekonomian Indonesia yang semakin terpuruk sejak krisis melanda, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan unit usaha yang paling kuat bertahan, karena UMKM adalah salah satu kekuatan pendorong perekonomian Indonesia  dan pendapatan daerah. Usaha mikro adalah usaha produktif milik perorangan atau badan usaha perorangan yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp.50.000.000,- tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha atau memiliki penjualan tahunan paling banyak Rp.300.000.000,-. Usaha kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, dilakukan oleh perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan cabang perusahaan, memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp.50.000.000,- sampai dengan Rp.500.000.000,- tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha atau memiliki penjualan lebih dari Rp.300.000.000,- sampai dengan Rp.2.500.000.000,- Usaha menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri yang dilakukan oleh perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan usaha kecil dan besar, memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp.500.000.000,- sampai dengan Rp.100.000.000.000,- tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha, memiliki hasil penjualan tahunan Rp.2.500.000.000,- sampai dengan Rp.50.000.000.000,-.
            Pentingnya UMKM ditunjukan dalam perannya yaitu antara lain:
1.      Kemampuan menciptakan kesempatan kerja cukup banyak, atau penyerapan terhadap tenaga kerja.
2.      Kemampuan menyesuaikan diri terhadap kondisi pasar yang berubah dengan cepat di bandingkan dengan perusahaan yang berskala besar yang pada umumnya birokratis.
3.      Terdapat peranan kewirausahaan.
Akan tetapi sulitnya memperoleh modal adalah kendala bagi para pengusaha kecil dan menengah, oleh karena itu pemerintah banyak memberikan dukungan dan partisipasi dalam program-program pemerintah seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR).
            UMKM sebagai pelaku usaha produktif yang memiliki penghasilan dengan jumlah yang demikian besar telah memberikan andil yang tidak sedikit dalam perekonomian nasional dan daerah. Oleh karena itu UMKM juga memberikan sumbangan yang sangat berarti bagi penerimaan daerah melalui Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sumber pendapatan daerah meliputi:
a.       Pendapatan Asli Daerah (PAD) yaitu:
1        Hasil pajak daerah
2.      Hasil retribusi daerah
3.      Hasil pengolahan kekayaan daerah dan PAD lain yang syah
b.      Dana perimbangan
c.       Lain lain pendapatan yang syah

Jadi pajak merupakan sumber pendapatan daerah terbesar, dan UMKM sangatlah perpengaruh terhadap pendapatan daerah. Maka berdasarkan keterangan diatas, penulis tertarik untuk mengetahui bagaimana pengaruh UMKM terhadap pendapatan daerah kota Bekasi karena letak kota Bekasi yang sudah cukup strategis baik sarana dan prasarananya. Untuk itu penulis mengambil judul “Analisis Pengaruh Usaha Mikro Kecil Menengah Terhadap Pendapatan Daerah Kota Bekasi”


1.2        Rumusan Masalah
Ada beberapa rumusan masalah yang dapat diambil yaitu:
1.      Apakah terjadi peningkatan pada pendapatan daerah kota Bekasi pada tahun 2007 sampai 2011?
2.      Bagaimana pengaruh UMKM terhadap pendapatan daerah kota Bekasi pada tahun 2007 sampai dengan 2011?

1.3        Batasan Masalah
Pada penulisan ini hanya pengaruh jumlah UMKM yang mempengaruhi pendapatan daerah kota Bekasi dari tahun 2007 sampai dengan tahun 2011.

1.4        Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari penulisan ini adalah.
1.    Untuk mengetahui peningkatan terhadap pendapatan daerah kota Bekasi pada tahun 2007 sampai dengan 2011.
2.    Untuk mengetahui pengaruh jumlah UMKM terhadap pendapatan daerah di kota Bekasi pada tahun 2007 sampai dengan 2011.
1.5        Manfaat Penelitian
Manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.5.1        Manfaat Akademis
Dengan dibuatnya penelitian ini, diharapkan dapat menambah pemahaman bagi penulis mengenai materi yang diambil. Kemudian untuk pembaca diharapkan memberikan informasi mengenai pengaruh jumlah UMKM terhadap pendapatan daerah Bekasi.
1.5.2        Manfaat Praktis
Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat pada pemerintah daerah sebagai informasi dalam menetapkan kebijakan dan mengambil langkah-langkah dalam usaha memajukan UMKM
.

1.6        Metode Penelitian
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif, dimana menggambarkan pengaruh jumlah UMKM terhadap pendapatan daerah kota Bekasi. Dimana variabel X adalah Jumlah UMKM dan variabel Y adalah Pendapatan daerah kota Bekasi.

1.6.1        Objek Penelitian
Dalam penelitian ini yang menjadi objek adalah Kantor Pemerintahan Kota Bekasi yang berada di Jl. Ahmad Yani no 1, Bekasi Selatan 17141 dan Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah . HR. Rasuna Said Kav. 3-4 Kuningan Jakarta Selatan 12940.

1.6.2        Data / Variabel
Penelitian ini menggunakan data sekunder, dengan regresi linier sederhana yaitu hanya ada dua variabel yang digunakan yaitu variabel X untuk jumlah UMKM dan variabel Y untuk pendapatan daerah kota Bekasi.

1.6.3        Metode Pengumpulan Data
Dalam pengolahan data pada penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu pendekatan penelitian dengan menggunakan data-data yang telah ada, selanjutnya dilakukan proses analisa terhadap data-data tersebut sesuai dengan tujuan penelitian. Variabel yang digunakan adalah variabel bebas untuk jumlah UMKM (X) dan variabel terikat untuk pendapatan daerah kota Bekasi (Y). Maka dalam hal ini dibutuhkan tehnik dalam pengumpulan data sebagai berikut:
1.                  Studi Kepustakaan (Library Research)
Ini adalah riset yang dilakukan oleh peneliti dengan perpustakaan atau dari sumber lainnya, yang berhubungan dengan masalah yang sedang diteliti.
2.                   Website
Ini merupakan pengumpulan data yang dilakukan peneliti dengan mengumpulkan data untuk masalah yang yang diteliti melalui media elektronik yaitu internet. Dengan mengumpulkan informasi-informasi tentang jumlah UMKM dan pendapatan daerah melalui website ini: www.bi.go.idwww.depkop.comwww.bps.go.idwww.bekasikota.go.idhttp://www.sentrakukm.comhttp://www.smecda.comwww.google.comwww.eprints.undip.ac.idhttp://diskumkm.jabarprov.go.id  dan  www.brint.com

1.6.3    Hipotesis
Penelitian ini menggunakan pengujian hipotesis yaitu apabila Hipotesis Nol (Ho) ditolak maka Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Jadi penulis merumuskan hipotesis berdasarkan masalahnya adalah:
Ho       : Tidak ada pengaruh hubungan antar jumlah UMKM terhadap pendapatan daerah kota Bekasi.
Ha       : Ada pengaruh hubungan antara jumlah UMKM terhadap pendapatan daerah kota Bekasi.

1.6.4    Alat Analisis
Untuk menganalisis data, maka penulis menggunakan software SPSS (Statistical Program For Social Science) 19 dengan   regresi linier sederhana dan uji korelasi(kepengaruhan). Analisis regresi adalah suatu analisis yang mengukur pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat(Y).
Berikut merupakan persamaan regresi linier sederhana :
 Y = a + b (X)
            Dimana:           a = konstanta
                                    b = koefisien regresi
                                    Y = variable dependen (variable tak bebas)
                                    X = variable independen (variable bebas)
Uji korelasi merupakan uji yang dilakukan untuk mengukur hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat sementara variabel bebas lainnya yang diduga ada hubungan dengan salah satu variabel. Berikut rumus persamaan korelasi:

r =               n (∑XY) – (∑X) (∑Y)
       √[n (∑X²) – (∑X)² ] [n (∑Y²) – (∑Y)²]






                


1 komentar:

sinatrya mengatakan...

trims kak atas postingan blog yang satu ini..saya ngerasa kebantu banget begitu baca latar belakangnya.. :)
saya juga anak akuntansi gunadarma, bedanya saya satu tingkat dibawah kakak..hhehe :D

Posting Komentar

Copyright 2009 RR Blog's. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates