RSS

Membuat Rumah Tahan Banjir


Nah... masih soal banjir nih... ada tips untuk anda yang rumahnya termasuk lokasi banjir... yuk kita baca!!!

Banjir kerap menimpa warga kota besar, karena sistem tata kota dan kelola lingkungan yang kurang tepat. Cuaca ekstrim yang terjadi saat ini semakin memperbesar peluang terjadinya bencana banjir. Anda tentunya tidak ingin menjadi salah satu korbannya. Meluapnya air hujan ke dalam rumah Anda tentu sangat membuat Anda tidak nyaman. Sehingga Anda perlu membuat rancangan rumah tahan banjir.
Berbagai kerugian bisa Anda derita, kerugian harta benda yang bisa saja ikut hanyut, kerusakan ornamen rumah, tidak bisa bekerja dan menjalankan aktivitas lainnya, barang elektronik dan kendaran bermotor rusak karena terendam air, terserang wabah penyakit dan kerugian lainnya. Setelah hujan surut juga Anda harus melakukan bersih-bersih yang menguras waktu, tenaga dan pikiran.
Supaya tidak mengalami kebanjiran, sebelum membangun atau membeli rumah harus harus fokus menghindari bencana ini. Jadi pemilihan rumah jangan sembarangan, hanya fokus pada harganya yang murah dan model yang menawan. Tapi, rumah Anda mudah tergenang banjir, walaupun hujan yang turun berintensitas rendah. Pola rancangan rumah tahan banjir harus Anda pikirkan juga. Tujuannya sebagai antisipasi dini menghindari bencana banjir.
Berbagai cara bisa Anda lakukan untuk terhindar dari bahaya banjir. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda terapkan dalam rancangan rumah tahan banjir.
rumah tahan banjir
  • Langkah pertama yang paling mudah dilakukan untuk terhindar dari banjir adalah membeli atau membangun rumah di kawasan yang dipercaya bebas banjir. Biasanya kawasan ini mempunyai ketinggian yang memadai dan berlokasi jauh dari sungai sebagai daerah resapan air. Memang tidak ada jamianan kalau daerah yang lebih tinggi akan bebas banjir. Tapi setidaknya Anda bisa melihat historis dari sebuah wilayah tersebut. Sehingga dengan membangun rumah di daerah yang terbilang aman dari banjir, berbagai kerusakan rumah, kerugian material dan bahaya wabah penyakit bisa dihindari.
  • Jika lokasi telah Anda anggap memadai terhindar dari banjir, jangan lupaterapkan desain rumah yang aman dari bencana banjir. Sebagai contoh Anda membangun rumah dengan ketinggian satu meter dari jalan di depan rumah. Untuk membangun rumah dengan model seperti ini memerlukan teknik dan teknologi tertentu. Maka pilihlah arsitek yang mumpuni dalam menjawab persoalan ini. Selain terhindar dari bahaya banjir, rumah yang lebih tinggi memberikan sentuhan memikat pada penampilannya. Sehingga terlihat lebih indah dan artistik.
  • Jangan lupa terapkan material terbaik dan berkualitas. Hal ini untuk mengantisipasi jika lokasi rumah Anda tetap diterjang banjir. Penerapan material berkualitas dan tepat guna bermanfaat ketika rumah adna terendam banjir. Kerusakan akan diminimalisir, karena bahan yang Anda pilih bisa diAndalkan. Sebagai contoh Anda memakai cat anti noda,keramik yang berkualitas, genteng yang kuat dan lain sebagainya
  • rumah tahan banjir

1 komentar:

Dewi Rizki mengatakan...

Musim hujan udah dtg yah, bagus buat pilih lokasi beli atau buat rumah nih.
tetap waspada banjir dan selalu jaga kebersihan lingkungan kita :)
Bersatu Hadapi Bencana

Posting Komentar

Copyright 2009 RR Blog's. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates